PROFIL, VISI, MISI, PROSPEK LULUSAN

 

Program Studi (PS) Teknik Informatika merupakan salah satu program studi dengan jenjang Strata 1 (S-1) yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura sesuai dengan SK. MENDIKNAS. RI. NO. 142/E/O/2011 tanggal 7 Juli 2011.

Prodi Teknik Informatika menghasilkan lulusan dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dan dilengkapi dengan Sertifikasi dibidang industri IT seperti Oracle Academy dan Microsoft Office Specialist dimana setiap mahasiswa yang lulus juga berhak mendapat gelar MOS di belakang gelar S.Kom. Lulusan Prodi Teknik Informatika diharapkan memiliki integritas tinggi di bidang Ilmu Komputer, didukung oleh kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, bersikap terbuka, cerdas, terampil, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

Prodi Teknik Informatika menerima mahasiswa dari berbagai jurusan/bidang keilmuan baik SMA maupun SMK, bahkan profesional yang ingin lebih meningkatkan kemampuan ICT nya dalam bidang pekerjaan yang digelutinya saat ini.

 

Dosen

6 orang dosen tetap bergelar Magister (S2), 1 orang dosen praktisi bergelar Doktor (S3), 2 orang dosen praktisi bergelar Magister (S2) dan Doktor (S3) dari Universitas Udayana.

 

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Informatika yang menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter, menjadi unggul dan teladan dalam bidang soft computing dan mobile computing pada tahun 2020.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajarandalam bidang teknik informatika untuk menghasilkan sarjana yang berkualitas akademik unggul dalam bidang soft computing dan mobile computing, yang mempunyai keahlian dan siap bersaing dalam pasar professional, dan/atau siap menciptakan peluang kerja baru.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan teknik informatika khususnya bidang soft computing dan mobile computing.
  3. Mengikutsertakan mahasiswa untuk aktif dalam pertemuan pembentukan 7 karakter Universitas Dhyana Pura.
  4. Menyebarkan hasil penelitian melalui publikasi, kaji tindak dan penerapan teknologi inovatif pada masyarakat.
  5. Melakukan kerja sama dengan pihak pengguna lulusan seperti pemerintah, swasta dan masyarakat dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi.

 

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang :

  1. Mampu menyerap, mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi informasi di bidang soft computing, atau mobile computing serta memiliki daya saing kemandirian, dan integritas yang tinggi.
  2. Dapat menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta dapat meningkatkan kemampuan secara mandiri dalam memberi konstribusi secara positif sebagai sumbangan nyata kepada masyarakat.
  3. Mempunyai kemampuan dalam mengembangkan keilmuan yang dimiliki melalui penelitian dan bertindak dengan pengembangan 7 karakter Universitas Dhyana Pura sebagai softskill antara lain percaya diri, integritas, keberagaman, pemimpin yang melayani, kewirausahaan, proffesional dan mendunia.

 

Keunikan Program Studi

Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Universitas Dhyana Pura (Undhira) hadir untuk menyeimbangkan antara lulusan yang sesuai standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan tersertifikasi oleh Industri IT saat ini seperti Oracle, MOS, Cisco, Google Development Fundamental, Dicoding sebagai Hub Sertifikasi Industri by Samsung, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional dalam bidang ICT terutama untuk mendukung kebutuhan di bidang Software Engineering, Database Technology/Applied Database, Network Technology/Applied Network, Interactive Multimedia, dan Intelligence System. Yang membedakan PSTI Undhira dengan kampus IT lainnya di pulau Bali adalah selain mahasiswa yang tersertifikasi secara nasional dan internasional dari industri IT, juga fokus kompetensi pembelajaran dari level basic sampai dengan level keahlian dengan lebih banyak kepada praktik system analyst, robotic programming, movie maker production, dan pemodelan 3D menggunakan software Open Source seperti Blender disamping penggunaan software original license pada setiap pembelajaran yang menggunakan laboratorium komputer namun dengan biaya yang sangat terjangkau dan bisa dicicil setiap bulannya. Hal ini memungkinkan kepada setiap lulusan SMA/SMK dari jurusan/bidang peminatan/bidang keahlian apapun untuk dapat memiliki kemampuan di bidang ICT secara baik dan siap dalam tantangan dunia kerja.

 

Kompetensi Utama Lulusan

  1. Mampu menerapkan sains matematika untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks dalam sistem komputasi dan komputer.
  2. Mampu menemukan permasalahan kebutuhan teknologi informasi pada masyarakat melalui proses observasi, analisis, interpretasi, perancangan dan pengembangan sistem dalam rangka menemukan solusi yang tepat.
  3. Mampu menyediakan solusi terhadap permasalahan komputasi pada masyarakat dengan teknologi web, teknologi mobile dan sistem jaringan.
  4. Mampu merancang dan mengembangkan sistem dengan berbagai metode, tools dan teknologi baik untuk tujuan pengembangan web, teknologi mobile dan sistem jaringan.
  5. Mampu melakukan riset multidisipliner untuk menerapkan teknologi informatika sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahli annya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer.
  11. Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

 

Prospek Lulusan Teknik Informatika

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

scan QR code
Print Friendly, PDF & Email